Senin, 30 April 2012

Cara-Cara Hadapi Anak yang Gemar Memukul



MENGHADAPI anak yang gemar memukul perlu dihadapi dengan trik khusus. Agar kebiasaan buruk tersebut tidak menjadi kegemarannya, intip trik berikut ini.

Setiap orangtua tentu selalu ingin memberikan segala hal baik bagi anak. Dan untuk setiap hal buruk, orangtua pasti berusaha menjauhkannya dari anak. Namun, saat orangtua berusaha menjauhkan hal buruk dari anak, tak jarang anak justru menangis, marah hingga bertindak kasar. Sehingga, seringkali pula orangtua malah berbalik marah dan memukul saat menghadapi hal tersebut.

Hal ini merupakan salah satu tindakan keliru yang dilakukan orangtua ketika menghadapi anak yang gemar memukul dan marah. Cara penanganan yang tepat terhadap anak yang gemar bertindak kasar dapat orangtua temukan melalui pemaparan berikut seperti dilansir BoldSky.

- Ketika anak memukul, Anda tidak perlu membalas. Sebab, jika Anda membalas, maka anak akan menganggapnya sebagai candaan. Anda hanya perlu memberi peringatan, misalnya jika anak memukul, maka Anda tidak akan mengajaknya bertamasya. Anda perlu menghadapinya dengan sabar dan penuh kasih sayang.

- Jika anak sangat keras kepala dan tidak terkendali, maka Anda perlu menenangkan anak dengan lembut. Jangan memarahinya, namun ajaklah bicara dengan tenang.

-  Setiap kali anak memukul, yang perlu Anda lakukan hanya menciumnya. Ciuman dapat memberi sebuah kesan dan memerkuat hubungan Anda dengan anak.

-  Jangan biarkan anak bermain games yang berisi kekerasan, misalnya games peperangan atau perkelahian sebab mereka akan mudah meniru adegan kekerasan ini. Untuk mengalihkan hal tersebut, Anda bisa mengajak anak membuat kerajinan tangan atau melakukan kegiatan positif lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More